Glitter Words


Selasa, 31 Juli 2012

Mekanisme NPC tahun 2011 lalu

Mekanisme Lomba NPC di ITS tahun lalu, diambil dari blog orang semoga bisa memberikan gambaran:


1. Babak Warming Up
  1. Deskripsi : Peserta diminta untuk melihat soal di web, mengerjakan soal dan mengupload solusi dari soal pemrograman tersebut namun hanya sebagai simulasi dan pengenalan lomba.
  2. Babak warming up diselenggarakan pada Kamis, 29 September 2011 pukul 10.00 – 15.00 WIB dan diselenggarakan secara online.
  3. Materi : problem solving dengan C/ C++ (compiler 16 bit)/ Pasca/Java
  4. Jumlah : 5 (lima) soal
  5. Jumlah test case untuk tiap soal berbeda-beda
  6. Setiap soal memiliki bobot yang berbeda, dan urutan pengerjaan soal bebas
  7. Input dibaca dari standard input (keyboard), sedangkan output dikeluarkan ke standard output (layar monitor) Bahasa yang diperbolehkan : C, C++, Pascal, Java. Bahasa yang digunakan untuk tiap soal boleh berbeda-beda.
  8. Prosedur Pengumpulan Jawaban:
    • -Source program (C, C++,Pascal, java) dikirim melalui sistem yang ada. Jawaban yang dikirimkan adalah coding program (bukan exe hasil compile)
    • -Program akan langsung diujicoba terhadap test case dan hasil koreksi akan langsung diberikan.
    • -Program akan langsung digrade saat itu juga dan akan keluar hasil koreksi ke tim yang bersangkutan.
    • -Peserta diijinkan untuk mengirimkan ulang perbaikan untuk jawaban yang salah.
  9. Hasil koreksi atas test case dapat berupa: Accepted, Wrong Answer, Error, Memory Limit Exceeded, atau Time Limit Exceeded.
    • -Accepted : Semua jawaban / output untuk semua test case sesuai dengan jawaban yang benar.
    • -Wrong Answer : Tidak semua jawaban / output sesuai dengan jawaban yang benar
    • -Error : Terjadi error, compile error maupun run-time error
    • -Time Limit Exceeded : Program berjalan melebihi Running Time yang diijinkan (sesuai dengan deskripsi soal)
    • -Memory Limit Exceeded : Program menggunakan memory yang melebihi batas yang diijinkan (sesuai dengan deskripsi soal).
  10. Selama babak ini, tim boleh mengajukan pertanyaan melalui sistem yang ada

Event Olimpiade Schematics ITS 2012

Himpunan Mahasiswa Teknik Computer Informatika ITS Surabaya mengadakan even perlombaan Se-Jawa-Bali-Madura yang terdiri dari 2 lomba :

1. NPC (National Programing Contest)
Ketentuan: 
TEMA KEGIATAN
“Everything Starts From Codes”
DESKRIPSI ACARA
National Programming Contest merupakan kompetisi pemrograman computer yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Computer-Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (HMTC ITS). Penyelenggaraan event ini bertujuan sebagai langkah awal pengenalan penggunaan computer dengan teknologinya ke dalam budaya Indonesia. Sebagai batu pijakan awal bagi para calon peserta Olimpiade Komputer Indonesia atau mereka yang memiliki minat di bidang pemrograman untuk menguji kepiawaiannya. Sebagai media adaptasi peserta pemrograman untuk menghadapi berbagai kompetisi yang lebih besar seperti seleksi Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI).
Pada National Programming Contest tahun ini terdapat pembagian modul sebelum pendaftaran peserta NPC dimulai, ditujukan agar siswa yang ingin ikut tidak hanya berasal dari siswa yang memiliki latarbelakang programming, tetapi juga siswa yang masih awam pada programming dikarenakan siswa dapat belajar dari modul-modul yang disediakan. Untuk kategori pelajar tidak hanya terbatas pada tingkat SMA, SMK atau sederajat, namun juga pada tingkat di bawahnya.
Kegiatan National Programming Contest tahun ini dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah babak warming up yang dilaksanakan secara online sehingga peserta bisa mencoba dan memahami sistem yang digunakan dalam perlombaan. Tahap kedua adalah babak penyisihan yang dilaksanakan secara online sehingga peserta bisa langsung mengakses web dan menjawab persoalan program yang diselesaikan dengan bahasa pemrograman Pascal / C / C++ / Java. Tahap ketiga, merupakan babak final yang akan diikuti oleh 20 tim yang lolos pada babak penyisihan dan dilaksanakan di Kampus Informatika ITS Surabaya.
PENDAFTARAN
Online : 10 Juli – 22 September 2012
Offline : 14 Mei – 29 September 2012
PELAKSANAAN KEGIATAN
Pelaksanaan:
Jumat, 28 September 2012
Warming Up.
Minggu, 30 September 2012
Babak penyisihan secara online.
Minggu, 21 Oktober 2012
Babak final dilaksanakan di Gedung Teknik Informatika ITS-Surabaya
PENDAFTARAN ONLINE
  1. Mengisi formulir pendaftaran.
  2. Mentransfer uang pendaftaran maksimal H+7 setelah pengisian formulir melalui rekening Bank Mandiri 141-00-1208911-6 a.n Tommy Anandra Sunardi . Schematics 2012.
  3. Mengirimkan konfirmasi melalui email kestari.schematics2012@gmail.com dengan cara melampirkan bukti pembayaran yang di-scan atau foto. Subject email : NPC_BUKTI_Namatim
Materi NPC bisa dilihat di situs ini : http://competition.binus.ac.id/inc2008/Registration/

    CP : 081330129044


    2. NLC (National Logic Competition)
    Ketentuan:
    TEMA KEGIATAN
    Solve The Mistery With Logic
    DESKRIPSI ACARA
    National Logic Competition merupakan ajang kompetisi yang menguji kemampuan memecahkan suatu permasalahan yang membutuhkan kemampuan berpikir logis.Dalam empat tahun pelaksanaan, ruang lingkup NLC selalu berkembang.Hal ini dibuktikan dengan peningkatan peserta tiap tahun dan semakin meluasnya lingkup NLC sampai pada taraf nasional. Peserta yang akan dijaring berada pada segmentasi SMP, SMA, SMK dan sederajat. Peserta dikelompokkan dalam bentuk tim yang terdiri dari maksimal tiga orang yang berasal dari sekolah yang sama. Tim-tim tersebut akan bersaing untuk mendapatkan gelar juara satu, dua, dan juara tiga.
    Dari babak penyisihan akan diambil 100 besar untuk dapat berlaga di babak perempat final. Selanjutnya akan diambil 30 besar untuk berlaga di babak semifinal dan babak Semifinal++. Dan kemudian untuk babak final akan diambil 10 besar untuk beradu kemampuan berlogika merebutkan tiga gelar juara.
    HADIAH LOMBA  
    Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar :
    • Juara I           :  Rp 5.000.000,-
    • Juara II          :  Rp 4.000.000,-
    • Juara III        :  Rp 3.000.000,-

    Selain itu pemenang juga berhak mendapatkan trophy dan sertifikat. Juara pertama berhak masuk Teknik Informatika ITS*)
    *) Khusus untuk siswa kelas XII.
    PERSYARATAN LOMBA
    • Peserta terdiri dari tim
    • 1 tim maximal 3 orang dari sekolah yang sama (SMA/SMK/sederajatatau SMP/sederajat)
    • BiayaPendaftaran :Rp. 100.000,-/tim
    • Diwajibkan membawa ID Card peserta pada babak penyisihan dan final NLC.
    • Membawa pasfoto 3 x 4 1 lembar saat penyisihan.

    PENDAFTARAN
    Online : 10 Juli – 29 September 2012
    Offline : 14 Mei – 29 September 2012
    PENDAFTARAN ONLINE
    1. Mengisi formulir pendaftaran.
    2. Mentransfer uang pendaftaran maksimal H+7 setelah pengisian formulir melalui rekening Bank Mandiri 141-00-1208911-6 a.n Tommy Anandra Sunardi . Schematics 2012.
    3. Mengirimkan konfirmasi melalui email kestari.schematics2012@gmail.com dengan cara melampirkan bukti pembayaran yang di-scan atau foto. Subject email : NLC_BUKTI_Namatim

    PELAKSANAAN KEGIATAN
    Minggu, 7 Oktober 2012
    Penyisihan di beberapa kota yaitu : Untuk peserta yang berada di Jawa, Bali, dan Madura wajib memilih penyisihan offline.
    • Surabaya
    • Malang
    • Jogjakarta
    • Bandung
    • Denpasar
    • Madiun**)
    • Jember**)
    • Madura**)

    **) Syarat kuota berlaku.
    Minggu, 21 Oktober 2012
    Babak Perempat Final, Semi final, dan final dilaksanakan di Gedung Teknik Informatika ITS-Surabaya.

    LAIN-LAIN
    CP : 081330129044

    Untuk info lebih jelasnya : http://www.schematics-its.com/nlc-national-logic-competition/

    Keterangan :

    Bagi Siswa yang berminat silahkan hubungi bu.Yandria dikantor
    Pendaftaran dilaksanakan secara kolektif kecuali perwakilan dari sekolah bebas biaya
    Untuk brosurnya bisa dilihat dipapan pengumuman di Sekolah

    Minggu, 29 Juli 2012

    Tugas Internet 1

    Tugas 1 Kelas XII IPA 4 dan XII IPA 5 (untuk mengisi liburan Hari Raya):
    1. Cari di buku-buku referensi atau internet tentang sejarah berdirinya internet   dari awal    sampai masuk di Indonesia (tahun dan perkembangannya)?
    2. Mengapa perkembangan dunia internet begitu pesat?
    Ket:
    - Tulis jawaban di buku tulis sesuai dengan pemahaman anda
    - Dikumpulkan setelah libur hari raya


    SELAMAT MENGERJAKAN !!



    Tips Sahur Supaya Tidak Lemas Saat Puasa Seharian


    Jangan makan berlebihan
    Usahakan anda jangan makan sahur berlebihan, makan sahurlah dengan porsi sewajarnya saja, porsi normasl seperti biasa. Karena jika anda terlalu makan berlebihan tentunya akan membuat anda kekenyangan dan ini tidak baik untuk perut anda. Selain itu jika perut kita kekenyangan, akan cepat haus nantinya, karena dehidrasi.
    Jangan Makan terburu buru
    Saat makan sahur usahakan jangan makan terburu buru, makanlah sewajarnya saja secara perlahan, karena jika kita terlalu cepat saat makan setelah beberapa jam sahur kita akan menjadi cepat lapar. Akibatnya tubuh kurang sempurna menyerap nutrisi sehingga cepat lemas saat menjalani puasa nantinya.
    Minum air putih
    Perbanyaklah minum air putih saat anda sahur. Air putih lebih baik ketimbang minuman suplemen lainnya. Minum teh manis juga boleh untuk menambah energi anda nantinya.
    Jangan minum es
    Saat selesai makan sahur usahakan jangan minum minuman yang dingin, karena ini tidak baik untuk kesehatan lambung anda, dan anda akan cepat haus pula nantinya.

    Sumber Artikel ini : 
    http://dp-media.blogspot.com/2012/07/tips-saat-sahur-agar-puasa-tidak-mudah.html#ixzz223PQiHBL

    Belajar yang Efekif

    Belajar!! Kata itu sering sekali diucapkan tapi susah saat di jalanka, betul kn??

    Belajar adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan dalam proses penguasaan ilmu. Namun, sebelum dan dalam proses belajar itu sendiri ada beberapa faktor yang harus dilakukan supaya suasana belajar kita jadi efektif.

    1.Sebelum mulai belajar, aturlah mood yang menunjang untuk belajar. Oleh karena itu pilih waktu, lingkungan dan sikap yang tepat. Misalnya kalau kita merasa lebih nyaman belajar pakai musik yang lembut, siapkan saja beberapa lagu untuk diputar setiap kali kita belajar. Satu yang pasti, tempat kita belajar dan lampu penerangan harus mendukung supaya kita bisa betah belajar dan tidak terganggu.
    2. Tandai semua bahan yang kurang dimengerti supaya bisa lebih fokus ketika belajar. Supaya tidak ada yang terlewat ketika belajar, tak ada salahnya mencatat poin-poin yang akan dipelajari.
    3. Setelah mempelajari suatu topik tertentu, cobalah mengulang kembali yang telah dipelajari dengan kata-kata sendiri.
    4. Bila masih ada topik yang tidak dimengerti, jangan sungkan - sungkan untuk mengulang topik tersebut. Carilah referensi dari beragam sumber, bisa dari buku pendukung lain atau mungkin orang lain yang lebih ahli dalam bidang tersebut seperti guru.
    5. Setelah menguasai materi, jangan langsung buru-buru menutup buku, tapi cobalah untuk mengembangkan materi yang ada. Tujuannya supaya materi yang baru dipelajari bisa meresap benar ke pemahaman kita. Materi bisa langgeng di memori kita tanpa perlu menghapal 100%. Caranya :
    Buatlah pertanyaan atau kritik apa yang bakal kita sampaikan kalau seandainya kita bertemu langsung dengan pengarang atau penemu teori yang sedang dipelajari?
    - Pikirkan bagaimana teori ini dapat diterapkan ke hal-hal yang sesuai dengan minat pribadi.
    - Cobalah membuat informasi yang menarik buat orang lain tentang materi yang baru dipelajari itu.


    Selamat belajar!


    Tugas Pengolah Grafis 1

    Supaya kalian lebih memahami  macam-macam dari aplikasi pengolah grafis, cari pemahaman beserta logo aplikasinya dari aplikasi pengolah grafis berikut berdasarkan tipe/jenisnya:

    Aplikasi yang termasuk dalam kelompok jenis grafis bitmap adalah:
    •    Adobe Photoshop
    •    Corel Photo Paint
    •    Macromedia Xres
    •    Metacreations Painter
    •    Metacreations Live Picture
    •    Micrografx Picture Publisher
    •    Microsoft Photo Editor
    •    QFX
    •    Wright Image

     Aplikasi yang termasuk dalam kelompok jenis vektor  adalah:
      Adobe Illustrator
      Beneba Canvas
      CorelDraw
      Macromedia Freehand
      Metacreations Expression
      Micrografx Designer

    Keterangan Tugas: 
    Tugas di ketik dan di print (page: 2 s/d 5 hal)
    Cover halaman ditulis nama, no.absen, kelas, & tugas 1
    Tugas dikumpulkan setelah hari raya 
    Nilai dapat dilihat satu minggu setelah semua tugas terkumpul di situs ini

    Ditulis tanggal 30 Juli 2012

    Jumat, 27 Juli 2012

    DAFTAR KELOMPOK PRAKTIKUM KELAS XII IPA dan IPS

    Berikut dafar nama dari masing- masing kelompok belajar praktikum TIK kelas XII :
    Nilai-nilai yang didapat saat praktikum berlangsung akan di sertakan pada posting berikutnya.

    Kelas XII IPA 1 (belum)

    Kelas XII IPA 2
    Kelompok 1:
    - Kusuma Ari P
    - Kumil
    Kelompok 2:
    - Anis Y
    - May Masitasari
    Kelompok 3:
    - Novisda S
    - Retno Kusuma W
    - Dana Sulistyana
    Kelompok 4:
    - Andi P
    - Lutningrum
    - Anggraeni
    Kelompok 5:
    - Dedy Pratama
    - Nura Andika
    - Ima Nikhen F
    Kelompok 6:
    - Titah Ika N
    - Nanda Alif
    - Desyana
    Kelompok 7:
    - Titin P
    - Fajar Aji
    - Bintil Q

    Selasa, 24 Juli 2012

    Buku-Buku BSE TIK

    Buku Sekolah Elektronik kini sudah mulai banyak disediakan di internet. Untuk menambah materi belajar kalian bisa di download BSE TIK di situs berikut :
    http://bse.kemdiknas.go.id/

    Bagi yang blum bisa mendownload sendiri tunggu posting berikutnya akan di upload dalam versi pdf nya langsung.. SABAR ya ^_^

    Kisi-Kisi dan Materi Uji Olimpiade Sains TIK SMA

    Dalam beberapa tahun terakhir Departemen Pendidikan Nasional telah
    meyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang di antaranya terdapat
    bidang Komputer/Informatika. Pemilihan peserta yang akan bertanding di OSN
    dilakukan melalui seleksi berjenjang dan serentak di seluruh Indonesia, yaitu:
    • tingkat kabupaten/kota (OSK), kemudian
    • tingkat provinsi (OSP)
    • tingkat nasional (OSN)

    Kisi-kisi materi meliputi materi Non-Programing dan Programin, berikut penjelasannya:
    1. Materi  Aritmatika
    2. Materi Analitika dan Logika
    3. Materi Algoritmika
    4. Materi Programing

    Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat di situs ini :
    http://pdkjateng.go.id/downloads/file_berita/dikmen/2012/5062012/Kisi-kisi%20&%20Materi%20Uji%20Olimpiade%20Sain.pdf

    Materi TIK kelas XII Tahun Ajaran 2012/2013

    Materi TIK kelas XII tahun ajaran 2012/2013, mengacu kepada Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa. 
    Materi TIK yang akan dipelajari di tahun ajaran 2012/2013 :
    SEMESTER GANJIL
    PERANGKAT LUNAK PEMBUAT GRAFIS (CorelDRAW 12)
    A. Menunjukkan Menu dan Ikon yang terdapat dalam Perangkat Lunak Pembuat Grafis
    1. Pengertian dan Kategori Desain Grafis
    2. Program Pengolah Grafis
    3. Mengenal Program CorelDRAW 12
    4. Menjalankan Program CorelDRAW 12
    5. Menunjukkan Menu dan Ikon Program CorelDRAW 12
    B. Menggunakan Menu dan Ikon yang Terdapat dalam Perangkat Lunak Pembuat Grafis
    1. Menggunakan Menu dan Ikon Program CorelDRAW 12
    2. Mengatur Tampilan Jendela CorelDRAW 12
    3. Persiapan Membuat Grafis
    4. Menyimpan, Menutup, dan Membuka Kembali Objek (Grafis)
    5. Mengenal Grafis
    C. Membuat Grafis dengan Berbagai Variasi Warna, Bentuk, dan Ukuran
    1. Membuat Gambar Sederhana dengan Toolbox
    2. Melakukan Setup Printer dan Cetak Grafis
    3. Teknik Pewarnaan dengan Fill Tool
    4. Menggambar Objek Tiga Dimensi
    5. Membuat Kartu Nama dengan CorelDRAW 12

    SEMESTER GENAP

    A. Mengenal Power Point
    1.    Aplikasi Presentasia
    2.   Menggunakan Menu dalam .Power Point

    B.  Presentasi dengan PowerPoint
    1.    Presentasi Dengan Autocontent Wizard
    2.   Presentasi dengan Design Template
    3.   Memasukkan Text Box dan WordArt
    4.   Bekerja dengan Background
    5.   Menyisipkan Tabel, Grafik dan Gambar
    6.   Menyisipkan Elemen Audio dan Video
    7.   Memanfaatkan Custom Animation
    8.   Menggunakan Hyperlink

    Materi TIK kelas XI Tahun Ajaran 2012/2013

    Materi TIK kelas XI tahun ajaran 2012/2013, mengacu kepada Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa.


    Materi TIK yang akan dipelajari di tahun ajaran 2012/2013 :


    Semester Ganjil


    Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet
    1. Pengertian Internet 
    2. Sejarah Internet
        Sejarah Internet Dunia
        Sejarah Internet Indonesia 
    3. Kelebihan dan Kekurangan Internet
    4. Aplikasi Internet
    5. Perangkat Keras untuk Akses Internet
    6. Jenis-jenis Koneksi Internet
    7. Setting Periferal
    8. Setting Koneksi untuk akses internet dengan Dial Up
    9. Melakukan koneksi internet dengan Modem


    Semester Genap

    Standar Kompetensi :

    Menggunakan Perangkat Lunak pengolah angka untuk menghasilkan Informasi

    Kompetensi Dasar :

    Menggunakan menu dan Icon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka

      1. Pengenalan
      2. Spreadsheet
        • Memulai dan Mengakhiri Excel 2007
        • Test
      3. Menu dan Ikon Microsoft Excel 
        • Elemen pada Microsoft Excel 2007
          • Ikon Menu Kontrol
            • Menu Tab
            • Toolbar 
            • Tab Insert
            • Tab Page layout
            • Tab Data
            • Tab Review
            • Tab View
          • Menambahkan Ikon atau Menu pada Quick Access Toolbar
          • Menggunakan menu dan ikon dalam Microsoft Excel 2007
            • Menyimpan lembar kerja Excel
            • Menyimpan lembar kerja Excel dengan nama baru
            • Menyimpan lembar kerja Excel yang pernah disimpan
            • Menyimpan lembar kerja Excel ke dalam disket dan flashdisk
            • Membuka kembali lembar kerja Excel
            • Mengedit lembar kerja Excel

    Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar dan diagram

      1.  Menggunakan Workbook dan Worksheet untuk Membuat Dokumen Pengolah Angka
        • Workbook
          • Menyiapkan Workbook Kosong
          • Menyimpan Dokumen Excel
          • Berpindah workbook dan menutup workbook
        • Worksheet
          • Tampilan Worksheet
          • Pengelolaan Sheet
        • Sel dan Range
        • Entri Data dan Edit data
          • Memindahkan pointer
          • Bentuk Kursor
          • Mengidentifikasi dan memasukkan jenis data
        •  Mengatur Baris dan Kolom
          • Mengatur lebar kolom atau baris
          • Menyisipkan kolom atau baris
          • Menghapus kolom atau baris
        •  Mengatur Format Cell
      1. Rumus dan Fungsi untuk Memanipulasi Data
        1. Memasukkan Formula Kalkulasi
        2. Melakukan perhitungan
          • Jenis-jenis operator
            • Operasi aritmatika
            • Operasi perbandingan
            • Penggabungan teks
            • Operator acuan
          •  Mengatur operasi di rumus Excel
          •  Menggunakan acuan
        3. Mengcopy rumus
        4. Menemukan kesalahan dalam perhitungan
        5. Jenis Fungsi dan Formula
          • Fungsi aritmatika
          • Fungsi statistik
          • Fungsi text
          • Fungsi Date and Time
          • Fungsi logika
          • Fungsi pembacaan tabel/pencarian tabel
    Mengolah dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar dan diagram untuk menghasilkan informasi
    1.  Mengolah data
      1. Menggunakan Hitungan Matematika
      2. Mengolah Data Menggunakan Perhitungan Statistik 
      3. Penggunaan Rumus Fungsi IF, COUNTIF, dan LOOKUP
    2.  Membuat Grafik
      1. Mengatur Format Grafik 
      2. Menempatkan Grafik
    3.  Memodifikasi Dokumen dengan Gambar dan Teks Indah
      1. Menyisipkan Gambar
      2. Menyisipkan Teks Indah (WordArt)
    4. Proses Database 
      1. Mengurutkan Data
      2. Menyaring Data
      3. Mengatur Validasi Pengisian Data Numerik
      4. Subtotals


    Materi TIK kelas X Tahun Ajaran 2012/2013

    Materi TIK kelas X tahun ajaran 2012/2013, mengacu kepada Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa.
    KTPS Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa dimaksudkan untuk terciptanya pendidikan yang mengedepankan budaya yang dimiliki Indonesia sehingga menciptakan generasi yang mengetahui budaya bangsa sendiri dan membanggakannya.
    Materi TIK yang akan dipelajari di tahun ajaran 2012/2013 :
    Semester Ganjil
    1. Melakukan Operasi Dasar Komputer dibahas mengenai sejarah perkembangan komputer, prosedur menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar, komponen hardware, software dan brainware
    2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi materi yang dibahas meliput fungsi dan proses kerja komputer serta peralatan pendukungnya, menjelaskan fungsi dan cara kerja peralatan TIK serta jaringan TIK
    3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dibahas mengenai UU TIK, etika dan penggunaan
    4. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi, menggunakan aplikasi pembuat presentasi seperti Microsoft Power Point
    Semester Genap
    1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata (Lanjutan)